4 Kunci Sukses Beriklan di Facebook & Instagram

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on September 15, 2015 with No Comments

Berikut adalah penjelasan 4 Kunci Sukses Beriklan di Facebook & Instagram

1. Pahami Siapa Target Market Anda

target-market

Keunggulan dari Facebook Ads adalah adanya fasilitas untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

  

  • Demography: usia, jenis kelamin
  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

  

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar mengenal siapa target market iklan yang Anda bidik.

Biar lebih jelas, kami berikan contoh saja ya ..hehe

Misalkan: Anda ingin beriklan untuk jasa pembuatan gaun pengantin untuk calon pengantin wanita, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop Anda ada di Jakarta.

Maka Anda dapat membuat batasan tentang karakter audience yang ingin Anda bidik di Facebook sebagai berikut:

  

  • Usia: 25 – 35 thn
  • Gender: Wanita
  • Lokasi: Jakarta
  • Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
  • Connection: teman – teman nya dari Fans Page Anda
  • Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

  

Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan riset dengan cara browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.

2. Buatlah Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience

Memahami format iklan yang Anda buat amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:

  1. Teks
  2. Gambar

contoh-iklan-fb

Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Anda tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Anda.

Bisa Anda bayangkan jika Anda beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya, hampir pasti respon dari target audience Anda akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi dan menyebabkan iklan Anda tidak menghasilkan penjualan.

Semakin Anda mampu membuat iklan yang powerfull dengan kombinasi gambar dan teks, maka iklan Anda akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut karena audience yang melakukan share tanpa Anda minta.

3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih

Hal lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan iklan Anda adalah fitur-fitur canggih yang disediakan Facebook.

Fitur – fitur advertising terbaru dari facebook, adalah:

Custom Audience

custom audienceApabila Anda memiliki database seperti email dari customer Anda sebelumnya, maka dengan menggunakan custom audience yaitu Anda dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook.

Sehingga hal ini memungkinkan Anda membidik target audience mereka yang ada di list email Anda dan aktif di facebook.

Retargeting

retargeting_iconAnda sebagai advertiser atau pemasang iklan dapat membidik ulang orang – orang yang telah mengunjungi website Anda, sehingga setelah mereka mengunjungi website Anda dan masuk ke Facebook maka mereka akan melihat iklan Anda di facebook.

Fitur seperti ini dinamakan retargeting. Itu sebabnya Anda pasti pernah merasa heran kenapa kok setelah datang ke website A, kok jadi sering lihat iklan perusahaan A. Itulah fitur Retargeting yang sedang bekerja :)

Conversion Tracking

conversion trackingDengan fitur conversion tracking, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah orang yang membeli produk Anda dengan cara memasukannya ke keranjang belanja di website  Anda.

Atau Anda mau mengetahui jumlah orang yang mengisi formulir yang telah disediakan sehingga Anda tahu seberapa efektif iklan Anda. Inilah fungsi fitur Conversion Tracking.

Lookalike Audience

lookalikes audienceFitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama Anda.

Jadi misalkan Anda sudah memiliki data seperti list email customer dan banyak fans di page Anda maka Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audience baru secara otomatis & menggunakannya sebagai target audience di iklan baru Anda.

Jika Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Anda untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.

4. Bagaimana Cara Teknik Closing Yang Tepat

closing

Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda.

Hal inilah yang saya namakan sebagai cara teknik closing untuk mengubah calon customer menjadi customer loyal anda untuk seterusnya.

Itulah 4 Kunci Sukses Beriklan di Facebook & Instagram yang kami rangkum dari tulisan Riki Yohanes seorang praktisi sukses & internet marketer yang telah mengoptimalkan penjualan menggunakan FB Ads…

 
Ups, saya belum membahas tentang trik di Instagram sama sekali, tenang ya..baca terus..

Jika Anda masih penasaran dan ingin tau cara bagaimana detil teknis cara melakukannya termasuk trik untuk Instagram, informasi workshop di bawah ini bisa jadi menjadi solusi untuk Anda.

Klik Disini : Workshop Rahasia Sukses Beriklan di Facebook & Instagram

Back to Top

2007-2016 © EazySmart.com - PT Sarana Maju Lestari