Cara Memilih Domain

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on February 28, 2014 with 1 Comment

Apalah arti sebuah nama. Ungkapan itu agaknya kurang tepat untuk pemilihan nama website atau sering disebut domain. Pemilihan nama domain adalah salah satu titik krusial dalam proses membangun suatu website. Salah memilih nama domain, bisa berujung pada ‘nasib’ yang sangat berbeda. Kami akan bahas cara pemilihan nama domain dari sudut pandang internet marketing karena tujuan kita memiliki website sebenarnya adalah sebagai sarana marketing. Pemilihan nama domain bukan sekedar soal harga murah. Domain murah tidak berarti harga murah.

Ada 2 pertanyaan yang mesti dijawab sebelum kita menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam pemilihan nama domain. Pertanyaan pertama adalah “Metode internet marketing apa yang akan digunakan untuk memasarkan website kita? Apakah SEO, AdWords, PPC atau Media Sosial? Sedangkan pertanyaan kedua adalah “Apakah merk atau brand produk yang akan kita tawarkan telah dikenal banyak orang (well known) atau belum?

Ada 2 pendekatan dalam memilih domain yang berhubungan dengan 2 pertanyaan di atas yaitu pendekatan Brand dan Niche Market. Jika jawaban pertanyaan pertama adalah “SEO” dan pertanyaan kedua adalah “belum dikenal banyak orang”, maka pendekatan niche market adalah yang paling tepat.

Teknik Marketing Terkenal Tidak Terkenal
SEO Brand/Niche Market Niche Market
AdWords/PPC Brand/Niche Market Niche Market
Sosial Media Brand/Niche Market Niche Market
Iklan Baris Brand/Niche Market Niche Market

Berikut adalah penjelasan dari pendekatan pemilihan domain di atas :

1. Brand

Metode brand adalah menjadikan brand dari produk Anda sebagai nama domain. Contoh pendekatan ini misalnya eazysmart.com, detik.com, kompas.com dll.

2. Niche Market

Metode niche market adalah menggunakan keyword sebagai nama domain. Contoh keyword sepatucibaduyut.com, jaketkulit.com dan lain-lain. Tujuan dari menggunakan keyword ini adalah untuk mengoptimalkan hasil pada mesin pencarian. Karena itu, keyword yang digunakan harus memenuhi 2 kriteria, yaitu memiliki jumlah pencarian yang tinggi dan rendah kompetisi. Disamping itu, prasyarat yang paling utama adalah keyword itu harus bersifat “buying”, yaitu mengindikasikan bahwa keyword tersebut diketikkan oleh orang yang hendak melakukan pembelian.

Tertarik beli domain murah? klik disini.

Demikian pembahasan kali ini, kami akan terus memposting artikel-artikel yang berkaitan dengan internet, bisnis online, webdesign, hosting, domain dan media sosial. Silakan baca juga artikel menarik lainya pada jaringan blog EazySmart atau Klik di sini atau join Fanpage EazySmart.com

Cara Memilih Hosting

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on February 27, 2014 with 1 Comment

Sebenarnya sudah banyak bahasan tentang cara memilih hosting yang sudah ditulis di internet. Tetapi kebanyakan bahasan itu berfokus pada pemilihan penyedia hosting. Pada kesempatan ini, kami akan membahas bagaimana memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Sesuaikan Ukuran Data Website
Setiap website pasti mempunyai ukuran data website. Sesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan, tidak kurang dan tidak berlebih. Setiap paket hosting yang ditawarkan pasti memiliki ukuran kapasitas penyimpanan. Jangan terjebak pada istilah kapasitas unlimited karena ukuran website Anda pasti juga limited (terbatas) bukan? Jadi untuk apa membayar sesuatu untuk sesuatu yang tidak Anda pakai. Bijaklah dalam memilih.

2. Sesuaikan Batasan Kapasitas Transfer Data / Bandwidth

Anda tentu ingin website Anda bisa dikunjungi orang kapan saja. Pilihlah paket hosting dengan kapasitas transfer data yang memadai. Biasanya kami menggunakan rule of thumb 1:10. Artinya jika kita memiliki data website sebesar 1MB maka traffic data yang kita persiapkan adalah 10MB. Dengan kata lain, setiap halaman di website kita bisa dikunjungi sebanyak 10x per pengunjung. Ini sudah sangat lebih dari cukup.

3. Harga Yang Wajar

Murah itu relatif. Pertimbangkan antara yang Anda bayar dengan yang Anda dapat. Paket hosting murah tidak selalu artinya harganya rendah (murahan). Pakailah kerangka berpikir murah dalam pengertian dibandingkan dengan fasilitas yang di dapatkan.

4. Sesuaikan Dengan Fasilitas Yang Dibutuhkan

Pilihlah paket hosting sesuai dengan fasilitas atau fitur yang Anda butuhkan. Pastikan semua fasilitas yang Anda butuhkan tersedia dan tanpa biaya tambahan tersembunyi.

5. Dukungan Teknis 24 Jam

Terakhir yang sangat penting adalah jaminan dukungan teknis 24 jam. Ini hal krusial yang jika Anda abaikan akan mengakibatkan penyesalan. Cobalah coba kontak tim teknis pada saat hari libur atau tengah malam. Jika mereka memberikan respon yang cepat dan memuaskan, maka inilah provider hosting yang paling layak untuk Anda pilih. Sebagai referensi, kami merekomendasikan EazySmart.com sebagai salah satu provider hosting terbaik, dan berikut adalah posting tentang paket hosting yang ditawarkan :

http://forum.detik.com/showthread.php?p=24435634

http://warungkopi.okezone.com/showthread.php?29615-Paket-Hosting-Murah-EazySmart-Bonus-Toko-Online-Langsung

Demikian bahasan kami kali ini. Kami akan terus membahas hal-hal yang akan menuntun Anda memaksimalkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki hosting sendiri. Nantikan tulisan kami berikutnya. Silakan baca juga artikel menarik lainya pada jaringan blog EazySmart. Silakan Klik di sini atau join Fanpage EazySmart.com

Pengertian Domain

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on February 25, 2014 with No Comments

Apa itu domain? Itulah pertanyaan yang banyak diketikkan orang di mesin pencari. Jika dipikirkan pertanyaan itu sebenarnya sangat menggelikan. Kenapa? Karena sebelum mengetikkan pertanyaan itu, semua orang hampir pasti mengetikkan “google.com” atau “yahoo.com”. Ya, kata “google.com” atau “yahoo.com” adalah nama dari suatu website. Termasuk nama website ini “eazysmart.com“. Itulah domain!!

Domain sebenarnya adalah sistem pengalamatan dalam dunia internet. Awalnya setiap website menggunakan IP address sebagai alamatnya. IP address adalah serangkaian angka yang menunjukkan alamat suatu website atau server dalam jaringan internet. Sebagai contoh, 173.194.113.162 adalah alamat IP address dari google.com. Siapakah di antara kita yang hafal alamat dalam bentuk angka seperti itu? Apalagi saat ini ada ratusan juta website di dunia ini. Dipastikan kita akan kesulitan menghafal deretan angka seperti itu.

Dengan mempertimbangkan kemudahan, maka lahirlah teknologi Domain Name Server atau DNS. Ini adalah teknologi yang memetakan atau menghubungkan antara nama website dalam bentuk kata (baca domain) dengan deretan alamat IP.

Domain sendiri dikelompokkan penggunaannya berdasarkan beberapa kelompok besar. Yang paling populer adalah domain dengan ekstensi .com. Ini adalah ekstensi yang pertama kali diperkenalkan.

Berikut beberapa ekstensi yang populer dan penggunaannya :

.com untuk perusahaan atau badan komersial

.net untuk jaringan

.org untuk organisasi

.biz untuk bisnis

Perlu diingat bahwa domain ini hanyalah sebuah nama. Domain baru dapat digunakan jika kita memiliki hosting. Silakan baca penjelasan kami tentang kaitan antara domain dan hosting di artikel Pengertian Hosting.

Untuk lebih memperdalam tentang pengertian hosting dan domain, ada baiknya Anda mengunjungi halaman yang menyediakan layanan hosting dan domain murah kami. Silakan kunjungi dan manfaatkan fasilitas live chat yang tersedia untuk bertanya. Anda bebas bertanya apa saja seputar layanan hosting dan domain ini, dan tim support kami akan membantu Anda dengan senang hati.

Silakan baca juga artikel menarik lainya pada jaringan blog EazySmart. Silakan Klik di sini atau join Fanpage EazySmart.com

Pengertian Hosting

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on February 24, 2014 with 1 Comment

Apakah Hosting Itu? Banyak pengguna internet yang tidak paham apa itu hosting. Bahkan banyak di antara mereka adalah pengguna yang sudah sangat lama alias bukan new comer. Mereka paham apa yang dimaksud website, tapi mereka tidak paham apa itu hosting atau web hosting. Posting singkat ini akan menjelaskan secara sederhana apa itu hosting. Kami coba akan terangkan dengan pendekatan orang awam.

Kami akan jelaskan dengan analogi sederhana. Kita semua pasti tahu yang dimaksud dengan lahan tanah, rumah dan alamat. Dalam dunia internet ada 3 istilah yang dapat diasosiakan dengan lahan tanah, rumah dan alamat itu. Hosting atau web hosting bisa diibaratkan lahan tanah, website sebagai bangunan rumah, dan domain adalah alamat dari rumah tersebut. Sedikit berbeda dengan pengalamatan di dunia nyata, pengalamatan di internet untuk level pengguna menggunakan nama (rangkaian huruf), bukan angka. Domain yang umum kita kenal seperti google.com, yahoo.com, detik.com, dan eazysmart.com. Mirip dengan di dunia nyata, lebih mudah menyebut Istana Merdeka daripada Jalan Merdeka Utara No. 1. Itulah domain. Pembahasan tentang domain akan kami jelaskan dalam posting tersendiri.

Ada beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Shared Hosting

Shared hosting atau dikenal dengan layanan hosting murah adalah layanan hosting yang menempatkan beberapa (puluhan hingga ratusan) website dalam satu server (komputer). Layanan ini disebut juga hosting murah karena memang harganya yang relatif murah dibandingkan layanan hosting lain. Ini dikarenakan biaya operasional yang dibebankan kepada banyak pemakai. Namun demikian shared hosting ini memiliki keterbatasan, yaitu adanya pembatasan pemakaian sumber daya server. Karena dipakai bersama dengan pengguna lain, masing-masing website tidak boleh memakai sumber daya berlebihan yang akan mengakibatkan terganggunya pengguna lain. Jika Anda tertarik untuk menggunakan shared hosting, silakan pilih paket web hosting murah yang sesuai dengan bujet kantong Anda di sini.

2. Virtual Private Server

Virtual Private Server atau disingkat VPS adalah layanan yang lebih ekslusif. Satu unit server dibagi secara virtual menjadi beberapa server virtual yang masing-masing berjalan sendiri layaknya sebuah server. Jumlah virtual server dalam satu physical server juga dibatasi, umumnya di bawah 10 virtual server. Adanya alokasi tetap bagi pelanggan yang relatif sedikit dibandingkan shared hosting memberikan keleluasaan yang lebih kepada pengguna vps. Kelemahan dari vps ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan shared hosting. Untuk memesan vps klik di sini.

3. Dedicated Server

Dedicated Server atau disingkat DS adalah layanan paling tinggi. Satu server dikhususkan bagi satu pengguna. Dengan DS ini, pelanggan bebas sepenuhnya untuk menggunakan seluruh sumber daya server untuk website atau aplikasinya. Tentu saja ini harus dikompensasi dengan biaya tinggi yang harus dibayarkan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hosting. Nantikan tulisan kami selanjutnya. Silakan baca juga artikel menarik lainya pada jaringan blog EazySmart. Klik di sini atau join dan Like Fanpage EazySmart.com.

Berita EazySmart.com

Posted by Risanto Ahmad in Artikel on February 16, 2014 with No Comments

EazySmart.com yang berusia lebih dari 7 tahun dan segera memasuki tahun ke 8 ini telah mengalami berbagi transformasi bisnis yang luar biasa. Berawal dari penyedia hosting “konvensional” yang fokus pada penyediaan infrastruktur seperti hosting dan domain saja, kini telah mempunyai cakupan layanan yang sangat luas. Tujuan dari diversifikasi layanan ini adalah menyediakan layanan yang langsung memenuhi kebutuhan akhir dari pelanggan, yaitu sukses berbisnis di dunia online. Kesuksesan dalam dunia online tidak hanya pada infrastruktur website seperti hosting dan domain. Bisnis memiliki faktor pendukung yang sangat luas. Website dan dunia internet hanyalah salah satu komponen saja. Karena itulah, EazySmart.com mulai membuka layanan dari hulu ke hilir dari semua kebutuhan dunia bisnis online. Inilah layanan yang saat ini disediakan oleh EazySmart.com yang telah melayani lebih dari 22.000 pelanggan sejak 2007, yaitu :

1. Hosting Murah

2. Pendaftaran Domain
3. Pembuatan Website

4. Web Application Development

5. Instant Online Store (Toko Online Siap Pakai)

6. Search Engine Omptimaztion

7. Search Engine Marketing

8. Social Media Marketing

9. Online Business & Management Education (Seminar, Workshop & In-house Training)

10. Publishing (Penerbitan Buku)

Perkembangan ini sangat disambut baik oleh pelanggan kami. Ini bisa dilihat dari respon luar biasa dari setiap peluncuran layanan baru di atas. Salah satunya adalah tentang produk Toko Online Instant EazySmart atau disebut EazyStore yang mengutamakan kemudahan penggunaan buat masyarakat awam.

Informasi dan berita tentang EazySmart juga bisa dibaca di www.eazysmart.org dan www.eazysmart.net

Back to Top

2007-2016 © EazySmart.com - PT Sarana Maju Lestari